Zie Sokoy:  Sosok Perempuan Sentani “Entrepreneur” Hebat Masa Kini

Zie Sokoy

Bagi pemuda di Papua, kalau masih muda harus semangat. Kalau masih muda harus kasih banyak bukti ke masyarakat. Kita harus action Bukan hanya asal ngomong. Atau berkoar koar dan mengeluh di sosial media”

Kita punya Sumber Daya Alam yang kaya tapi dukungan Sumber Daya Manusia kurang, kenapa kurang? Karena banyak yang Pintar tapi Pintar ikut-ikutan dan hanya ingin pekerjaan yang aman dan nyaman”

Sebuah pesan singkat yang maknanya dalam bagi para pemuda-pemudi di Papua (termaksud saya) dari seorang perempuan sentani Eldona Vallenzie Sokoy atau yang biasa saya sapa kak Zie.

Kak Zie adalah pemilik Perusahan Vallerie Valley dengan yang fokus pada 2 bisnis utama saat ini (bukan bawa proposal minta proyek di pemerintah yah) yaitu:

  • Coconut Tree Land
  • Coffee and You

COCONUT TREE LAND
Coconut Tree Land bergerak dalam bidang Outlet dan Fashion. Bukan cuma asal jual tas atau baju. Coconut Tree Land mempunyai 3 kampanye utama:

1. Kampanye Kesadaran Sosial (Social Awareness) Lewat barang dagangannya kak Zie menyampaikan pesan – Pesan seperti:

* Save our traditional dance in Papua
* Plant a Tree
* Save Hutan Sagu
* No Plastic Bag
* Stop Child Abuse
* Stop Violence Againts Woman and Girls

Koleksi toko Coconut Tree Land

Saran kami kak Zie:
Coba sampaikan pesan dalam bahasa Indonesia dan Logat Papua misalnya:

* Stop Ludah Pinang Sembarangan
* Stop Mabuk Takaruang
* Stop Pukul Orang Pu Anak Perempuan

Hehehe….

2. Extra Money for School

Kak Zie memanfaatkan tenaga kerja part time / paruh waktu dari mahasiswa-mahasiswa diwilayah Jayapura. Dengan begitu para mahasiswa tersebut mempunyai uang tambahan kuliah. Atau dengan kata lain Kak Zie menciptakan lapangan pekerjaan bagi para mahasiswa.

Para Mahasiswa yang bekerja paruh waktu sebagai model barang-barang Coconut Tree Land

3. Kampanye Bisnis Lokal

Nah ini yang namanya, Kepedulian Sosial. Kak zie bekerja sama dengan seorang seniman lokal / pengrajin kulit kayu yaitu Ferri Kaigere dan istrinya Bertha Pepuho. Ferri Kaigere dan Istrinya membuat lukisan dari kulit kayu dan Coconut Tree Land membantu mempromosi dan menjual lukisan-lukisan tersebut.

Coconut Tree Land pernah menyelenggarakan event besar yaitu Painting Gallery Show tanggal 9-10 December 2016 dimana karya-karya Ferri Kaigere ditampilkan disana.

Painting Gallery Show

Selain mengkampanyekan entrepreneurs  seperti Ferri Kaigere & Bertha Pepuho istrinya. Kak Zie juga mengkampanyekan usaha lokal yang lain seperti Napirem Clothing.

Napirem clothing dimiliki oleh Salah satu anak Papua yang bersekolah di Jogjakarta. Coconut Tree Land membeli barang dan motif baju dari Napirem clothing dan mencoba mengkampanyekan usahanya.

COFFEE & YOU 

Coffee and You bergerak dalam bidang Food dan Beverages. Bedanya apa dengan cafe-cafe yang lain? Oh jelas bedanya banyak lah…

Coffee&You mempunyai thema yang sama dengan Coconut Tree Land yaitu mengkampanyekan bisnis masyarakat lokal.  Dengan minum kopi atau teh di atas cangkir yg ada motifnya Trus foto dan dimasukkan ke Social media atau sekedar menikmati di Shop. Itu sudah sama dengan mensupport kk Ferri Kaigere punya usaha lokal, agar dengan demikian kita mempromosikan gambar ukiran Papua lewat gelas yang kita pamerkan di social media.

Selain itu, Coffee and You menjual makanan yang dibuat oleh beberapa bisnis lokal seperti Cheese Cake, Choco lava dan makanan tradisional seperti Kekefi. Kenapa Cheese Cake dan bukan Donat yang dijual? Itu untuk menjawab rasa rindu orang-orang yang pernah bersekolah di Luar Negeri seperti Aussie, Europe dan Amrik yang makanan penutup sehari-hari pasti Cheese Cake.

Karena usahanya bukanlah usaha jual beli barang kayak Tokopedia tetapi lebih mengutamakan kampanye – kampanye Kesadaran Sosial maka saat ini usaha kak Zie sudah mendapatkan dukungan berbagai pihak seperti Pemerintah Kabupaten Jayapura, Pokja Papua, Instansi Perbankan, Instansi Pendidikan (UNCEN & UOG), lembaga2 (Sagu FOUNDATION, forum Papua Mengajar, CDC UNCEN)

Bahkan sudah menjadi perhatian Ibu Menteri BUMN dan rombongan menteri serta Presiden dan istrinya sewaktu berkunjung ke Jayapura Mey 2017 kemarin. Salah satu yang Special adalah Ibu Iriana istri Presiden Jokowi suka dengan lukisan kami yang berwarna hijau. Yang ada motif ular traditional dan cicak.

Kak Zie bersama Ibunda dan Putrinya Little Amy berpose bersama Ibu Menteri BUMN

(Kalau yang ini saya salut karena kak Zie dipanggil secara pribadi oleh Ibu Menteri BUMN)

Kampanye tentang kesadaran sosial ini lebih unggul dan masuk di koran, Coconut Tree Land diundang lagi untuk menampilkan Gallery tunggalnya dihadapan Presiden Joko Widodo.

Hebat kan?

Bentuk Corporate Social Responsibility dari perusahan milik kak Zie berupa Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dengan bekerja sama dengan Universitas Ottow Geisler. Kurang keren apa coba? Skala pendapatannya belum segede Ramayana atau Mall Jayapura tapi CSR nya udah bisa menjamin masa depan orang lain.

Para mahasiswa yang mendapatkan kerja paruh waktu sebagai modeling di Coconut Tree Plant

Jika ingin berkunjung ke Outlet dan Cafe bisa langsung saja ke Jl. Ahmad Yani No.24 Kota Jayapura. Didepan kantor Bank Mandiri prioritas Jayapura atau kunjungi IG @coconuttreeland atau @coffeeandyoupapua atau langsung aja kunjungi Facebook kak Zie di Zie Irreuw Sokoy.

Yang paling berkesan dari seorang Kak Zie adalah Kak Zie adalah seorang Ibu tunggal dari seorang Putri kecil berumur 3 tahun.

Kak Zie berpesan kepada semua Ibu Tunggal di Papua bahwa Jangan putus asa ketika kita harus memilih jalan sebagai single mother atau ketika keadaan memaksakan kita menjadi single mother. Selalu ingat, selalu akan ada terang di ujung lorong yang gelap. Kita harus semangat, maju, giat, ulet, rajin, jangan banyak galau untuk hal hal tidak penting, karena kalau bukan kita yang menopang anak anak kita terus siapa yang mau topang?

Percaya bahwa Tuhan akan bersama-sama dengan kita through the dark Valley….Nothing to lose Kata kak Zie alumni Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih dan Business & Law Faculty La Trobe University Melbourne Australia



Memang berat karena harus bisa membagi waktu sesekali bermain atau liburan dengan anak kita agar dia tidak merasa sepi dan kita harus bisa rajin menyimpan uang sebanyak banyaknya untuk anak kita. Karena kita satu-satunya penopang bagi anak kita.

Last but not least….

Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan kepada negaramu! John F Kennedy

Jangan tanyakan apa yang sudah Papua berikan padamu, tapi tanyakan apa yang sudah kau berikan untuk Papua

Atau kasarnya stop tanya-tanya Uang Otsus baru cobalah untuk berkarya dan lakukan sesuatu yang keren.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Zie Sokoy:  Sosok Perempuan Sentani “Entrepreneur” Hebat Masa Kini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s